Sabtu, 15 Desember 2012

Jadwal Penting Bidik Misi 2013

Kita patut besyukur, pada tahun ini pemerintah masih melanjutkan program beasiswa Bidik Misi untuk para siswa yang berpotensi, dan berminat untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi,tetapi kurang mampu dalam ekomomi.
Saya berharap para siswa yang berminat mengikuti program bea siswa ini jangan sampai ketinggalan informasi dan selalu memantau dan mau mengunjungi situs bidik misi 2013
Informasi awal yang perlu para siswa ketahui adalah Jadwal  bidik misi 2013 berikut ini,


Jadwal Penting Bidikmisi 2013

  • Pendaftaran Sekolah dalam program Bidikmisi 2013 dilaksanakan mulai tanggal 12 Desember 2012 s/d Agustus 2013
  • Pendaftaran Siswa dalam program Bidikmisi 2013 uintuk SNMPTN PPA (d/h Undangan) direncanakan mulai tanggal 1 Januari 2013 s/d 6 Maret 2013
  • Pendaftaran untuk masing masing seleksi menunggu keputusan panitia.
Catatan : walaupun pendaftaran sekolah masih diberikan waktu cukup panjang, pastikan sekolah sudah mendaftar sebelum batas akhir pendaftaran siswa untuk masing masing seleksi.
Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:
Pengisian PDSS 17 Desember 2012 – 8 Februari 2013 dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester
Pendaftaran 1 Februari – 8 Maret 2013
Proses Seleksi 9 Maret – 27 Mei 2013
Pengumuman Hasil Seleksi 28 Mei 2013
Pendaftaran Ulang yang Lulus Seleksi 11-12 Juni 2013


  semoga bermanfaat....

271 komentar:

  1. bu saya mau bertanya ..
    saya lulusan tahun 2012 ingin ikut bm 2013 pastinya ikut jalur tes tulis apakah dalam proses pendaftaran harus meminta rekomendasi pihak sekolah?
    apa saya bisa melakukan pendaftran sendiri ?

    bu mohon di jawab .
    terimaksih sebelumnya...

    BalasHapus
  2. untuk pendaftaran lulusan 2012 tetap harus ada rekomendasi sekolah untk mendapatkan pin dan kode akses

    BalasHapus
  3. Yang ijin share,dg senang hati boleh...

    BalasHapus
  4. mau share... :)

    BalasHapus
  5. bu,kuota beasiswa untuk thun 2013 akan ditambah menjadi 150 ribu penerima beasiswa bdikmsi,sehubungan dngan hal ini apakah akan mngurangi jumlah beasiswa yg diterima untuk tiap orangnya ?

    BalasHapus
  6. Ibu saya mau tanya. Saya sudah direkomendasikan dari sekolah. Sudah dapat kode akses siswa'a. Trus hrs dftar online kapan ya? Jg yg msti di isi itu apa sja? Apa harus di print lampiran'a?

    BalasHapus
  7. Bu..untuk memndapatkan beasiswa bidik misi ini harus tes dulu ya?

    BalasHapus
  8. saya lulusan 2011 masih bisa ikut bidik misi tisak ya bu ?

    BalasHapus
  9. Penambahan kuota tdk mempengaruhi jumlah beasiswa yg di terima
    Setelah mendapat rekomendasi dari sekolah tinggal login dan isi formulir krg lebih ada 10 formulir yg hrs di isi
    Bidik misi di peruntukan bagi lulusan th 2013 dan 2012

    BalasHapus
  10. untuk dapat bea siswa bidik misi tidak di tes tetapi hrs mempunyai prestasi selama di sma,tidak mampu dan mendapat rekomendasi dari sekolah

    BalasHapus
  11. bu kalau belum akreditasi bisa nggak daftar bidik misi kami sudah coba daftar sekolah ternyata harus melampirkan nilai akreditasi sehingga siswa kami tidak bisa mendapatkan kode akses

    BalasHapus
  12. kalau baca di pedoman bidik misi 2012,untuk sekolah yang akreditasinya selain A,B dan C bisa merekomendasikan siswa yg mempunyai prestasi 5% terbaik di sekolahnya

    BalasHapus
  13. saya mau tanya,yg dmaksd siswa yang mempunyai prestasi bgaimana,itu prestasi akademik ap non akademik.trim. .

    BalasHapus
  14. Prestasi akademik,mis unt yg akeditasi A jml siswa jur IPA 100 org maka yg berhak direkonendasi 50 org dengan catatan siswa tersebut tidak mampu secara ekonomi,dan sekolah bertanggungjwb atas rekomendasi yg dikeluarkan

    BalasHapus
  15. ass bu saya mau bertanya saya nanti kesekolahannya itu bawa apa saja bu?persyaratannya agar mendapat pin dan bisa login ke web bidik misinya?makasih,mohon bantuannya yah bu

    BalasHapus
  16. Data pribadi,raport,srt ket tdk mampu

    BalasHapus
  17. bu, kalo boleh tau,,,, masalah nilai rapor itu yang diambil dari semester 1-5 itu mapel UN sja atau seluruh mapel,,, trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk bidik misi nilai yg di input nilai kognitif semua mata pelajarn semester 4 dan 5

      Hapus
  18. Bu sebelumnya makasih banyak.. Saya lulusan 2012, untuk minta sekolah mrekomendasikan saya ikut bidikmisi sebaiknya sebelum tgl berapa ya.?
    Mohon jawabannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. secepatnya saja kalau sudah dapat pin dan kode akses kan tinggal mempersiapkan persaratan dan login sendiri

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  20. bu mau tanya...
    dalam penerimaan jalur bidik misi tahun 2013 apakah ada persyaratan yg signifikan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya? secara garis besar syaratnya siswa berprestasi dan kurang mampu dalam ekonomi

      Hapus
  21. Assalamu'alaikum bu, saya mau tanya, kalau yg ikut SBMPTN boleh daftar bidik dr sekarang gk?
    apa wktnya d tentukan,
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  22. Assalamu'alaikum bu, saya mau tanya, kalau yg ikut SBMPTN boleh daftar bidik dr sekarang gk?
    apa wktnya d tentukan,
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumslm,sy kira bisa saja daftar dari sekarang,soalnya kode akses dan pin yg di dapat itu bisa di pakai untuk snmptn,sbmptn, seleksi mandiri dan kl kode akses dan pin sudah di pakai seleksi snmptn dan tdk lulus snmptn,maka kode akses dan pin masih bisa di pakai untuk mengikuti seleksi sbmptn dan seleksi mandiri

      Hapus
  23. assalammualaikum buk..
    apa harus saya lakukan jika sekolah saya tidak mau mendaftar karena sekolah saya SMK dan sekolah punya program bahwa lulusannya harus 100% lansung bekerja tidak boleh lansung kuliah???

    BalasHapus
  24. Ibu saya mau tanya, boleh gak saya daftarnya double? Bidik misi sekaligus snmptn undangan?

    BalasHapus
  25. Untuk mengikuti program bidik misi syaratnya kan hrs ada rekomendasi dr sekolah,kl sekolah tdk mau merekomendasi ya susah dong untk mengikuti program ini
    Bidik misi itu program beasis,SNMPTN,seleksi msk PTN,jd kl mau msk PTN dan dapet beasiswa bidik misi ya hrs dua2nya dptr

    BalasHapus
  26. Selamat siang Bu, saya mau nanya, bagaimana jika nilai rapot saya di semester 3 ada mapel yang tidak lulus, apakah hal itu akan memepengaruhi kesempatan saya untuk mencoba jalur BM, sementara di semester 4 - 5 saya masuk 10 besar di kelas saya?

    mohon bimbingannya bu, Terimakasih

    BalasHapus
  27. nilai bukan satu2nya syarat,yg penting sekolah memberi rekomendasi,kl skl udh merekomendasi dan anda udh dpt no pendf dan kode akses,tinggal login,terus ikuti petunjuk

    BalasHapus
  28. aslm'lkm bu,tanya,
    pin dan kode akses yang tahun 2012 kemarin masih berlaku ga ya kalo digunain tahun ini...???
    trimakasih bu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. no pendaftaran,pin dan kode akses tahun 2012 tidak berlaku,jadi harus mendaftar lagi dan minta rekomendasi dari sekolah

      Hapus
  29. Bu selamat pagi, saya mau bertanya berarti tahun ini masih ada bidik misi ya bu? apakah nama bidik misi diganti dengan SNMPTN undangan ataukah berbeda?karena kebetukan sekolah saya belum memberi sosialisasi tentang bidik misi?

    BalasHapus
  30. Ya masih ada,bidik misi dengan SNMPTN itu beda,bidik misi program beasiswa sedangkan SNMPTN (kalau th lalu SNMPTN undangan atau lebih dikenal PMDK) seleksi masuk perguruan tinggi,untuk siswa yg berprestasi dan kurang mampu,sebelum mengikuti SNMPTN agar nanti setelah di terima dpt bea siswa,sebelumnya hrs mendaftar dulu bidikmisi.

    BalasHapus
  31. Assalammualaikummm

    Mau Tanya nii :)
    kalau anak Pegawai sipil Bisa ikut bidikmisi ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada batasan ank PNS atau non PNS yang menjadi salah satu syarat adalah penghasilan orang tua maksimal Rp 3.000.000,00 atau penghasilan dibagi banyaknya tanggungan anggota keluarga maksimal Rp 600.000,00 serta pendidikan orang tua maksimal S1

      Hapus
  32. asalamualaikum, bu maaf saya mau nanya kan sekolah saya di pedesaan saya belum yakin kalau sekolah saya sudah terdaftar. kalau saya boleh tahu bagaimana ya bu cara mendaftarkan sekolahnya? biar nanti saya bisa sampaikan infonya ke pihak sekolah. terima kasih bu mohon info dan bimbingannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka aja portal bidik misi yang alamatnya http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/ nanti disana bisa mendaftarkan sekolahnya

      Hapus
  33. asslmualaikm...bu saya mau bertnya,,,
    saya lulusan tahun 2011 n saya kurang mampu ...apakah saya bisa mengikuti bidik misi th 2013...mhon jwbannya ..trimakash..
    wassalm...

    BalasHapus
  34. walaikumslm...bidik misi 2013 diperuntukan bagi lulusan 2012 dan peserta UN 2013

    BalasHapus
  35. Bu saya minta saran, saya murid yg ingin mncoba BM. saya jurusan IPA, tetapi saya bingung untuk menentukan pilihan jurusan. Saya takut salah pilih jurusan yg passing gradenya terlau tinggi. apakah di BM jurusan yg kta pilih dibatasi hanya 1 pilihan jurusan saja.?
    Dan apakah kita hanya bisa memilih pilihan yg sesuai dngan jurusan (IPA/IPS).
    Apakah saya boleh memilih pilihan dari jurusan IPS,,,,,???

    BalasHapus
  36. assalamu'alaikum, bu' saya mau bertanya,,
    - untuk buku pedoman bidik misi dan formulir pendaftaran tahun 2013 kapan keluar?
    - apakah untuk mendapatkan PIN kita hrs menyelesaikan tahap seleksi secara online terlebih dahulu??
    - maaf bu' untuk jadwal bidik misi saya rasa agak rancu, antara pendaftaran sekolah yg sampai bulan agustus, sedangkan pendaftaran siswa hanya sampai bulan maret. berarti bgi sekolah yg mendaftar diatas bulan maret siswanya sudah tdk bs melakukan pendaftaran, mohon kiranya diberi penjelasan.
    terimakasih. wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  37. Untuk BM hanya boleh memilih satu jurusan dari dua PT boleh tidaknya jur IPa memilih IPS tergantung PT yg dipilih
    Untuk medapat no pendf dan kode akses tidak ada tes online cukup rekomendasi sekolah.
    Jadwal BM tidak rancu,karena pendaftrn siswa sampai 6 maret itu untuk siswa yg akan mengikuti SNPTN(PMDK)sedangkan untuk siswa yg mau daftar lewat seleksi lain (SMBPTN atau seleksi mandiri)waktunya bokeh setelah maret sesuai dengan jdwlnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon dijelaskan bu Lis...
      1. SNMPTN unt BM yg benar boleh memilih satu jurusan dr 2 PT atau dua jurusan dr 1 PT. sbb penjeloasan dr sekolah anak saya, unt BM hanya boleh memilih 2 jurusan dr 1 PT.

      2. sedangkan SNMPTN selain pendaftar BM boleh memilih 2 PT masing2 2 jurusan. Apakah benar demikian? Jika benar artinya kesempatan diterima di PTN besar yang tidak ikut BM dong.

      3. Mengapa harus dibedakan? harusnya jika memang ini program bantuan pendidikan dg syarat prestasi akademik/non akademik & kondisi ekonomi siswa, parameter lainnya harusnya disamakan juga. Mohon penjelasannya!

      4. terima kasih.

      Hapus
  38. assalamu'alaikum, bu mau tanya..
    katanya sudah tidak ada SNMPTN tulis yaaa?
    saya lulusan th 2012,,
    berati kalo udah dpet surat rekomendasi, bisa daftar BM,
    berati kalo daftar sekarang,,, ini termasuk ikut jalur undangan donk?

    BalasHapus
  39. maaf bu, tadi aku tanya sama guru BP, Aku kan minta direkomendasikan, tp kog beliau jawabnya BELUM TAU, SOALNYA BELUM MULAI" maksudnya apa yahhh...?
    padahal ibu bilang kan sekarang dah mulai pendaftarannya?
    jadi bingung aku buuu,,,

    mohon penjelasannya
    sebelumnyaa maaf,,

    BalasHapus
  40. assalamu'alaikum, bu mau tanya..
    katanya sudah tidak ada SNMPTN tulis yaaa?
    saya lulusan th 2012,,
    berati kalo udah dpet surat rekomendasi, bisa daftar BM,
    berati kalo daftar sekarang,,, ini termasuk ikut jalur undangan donk?

    BalasHapus
  41. SNMPTN hanya diperuntukan bagi siswa peserta UN 2013,guru BP km mumngkin baru melayani siswa yg akan mengikuti SNMPTN karena waktunya dibatasi sampai bln maret,karena km lulusan 2012 tdk bisa mengikuti SNMPTN(kl th kemarin namanya SNMPTN undangan)bisanya mengikuti SBMPTN(th kemarin namanya SNMPTN tulis)jd rekomendasi untk lulusan 2012 kayanya baru mau dilayani gr BP km setelah bln maret(kan batas pendfrnya jg sampai bln agustus)

    BalasHapus

  42. bu,,, kalau sdh kuliah tpi pngen dapat bidik misi skrg bgaimna bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk yg sudah kuliah tidak bisa mendapat bea siswa bidik misi,paling cari saja bea siswa yg lain

      Hapus
  43. asw bu saya rencananya mau ikut bidik misi ipb, tp kalo di ipb harus asrama selama 1 tahun. nah asrama itu termasuk bidik misi atau saya harus bayar lagi? teima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di terima di IPB dan dapat bea siswa bidik misi,untuk uang asrama di potong dari uang saku bidik misi,jd ngga usah bayar

      Hapus
  44. asslmualaikum Ibu... met sore,,. Bu sya mu nanya , di sekolah saya thn kmarin ada yg dftr k IPB-jrusan kdokteran hewan,n alhmdulillah d trma. Nah saya rncana y mw mngikuti jejak kk kls sya itu,. Mnrut ibu sberapa bsar kh peluang sya utk di trma? Apkh kk kls sya yg dulu dtrma d IPB akn brpengaruh ?trmaksih bu... D tunggu jwban y

    BalasHapus
  45. Biasanya kl th sebelumnya udh ada yg masuk dan disananya berprestasi,th berikutnya pasti ada yg di terima lg,tentunya siswa yg daftr harus yg berprestasi

    BalasHapus
  46. syukur lah lw sprti itu mdh2an z.... Tp bu , jrusan yg sya ambil sma dgn tmn sya yaitu kdokteran hewan,.. Jka sleksi y dlhat dri nilai palng besar,, mngkn sya ,, krna tmn sya nlai y d bwh saya,, gmn mnrut ibu...???

    BalasHapus
  47. Mdh2an aja bisa keterima,sukses selalu bwt kamu yg ngga punya nama hehe....kita hanya bisa berusaha dan berdoa,hasil serahkan sama Allah swt...

    BalasHapus
  48. Amiiinn,... Hehee ibu blum tw ea nama saya.??
    Nma sya Bayu Hadi Wahyono
    Nma Skolah : MAN BAYAH,..
    Ibu tw skolah saya gx,..??
    Cuma satu loh bu yg negeri y d kbupaten lebak ,.hehee
    ada kok wibesite jg, cek ya bu d mbah google sypa tw z ibu kenal sma guru2 y,, hehe promosi...

    BalasHapus
  49. bu, mau tanya. mekanismenya itu, daftar BM dulu atau SNMPTN dulu?

    BalasHapus
  50. BM dulu,nanti tinggal milih mau ikut SNMPTN atau SBMPTN atau seleksi lainnya,atau mau ikut semuanya

    BalasHapus
  51. Mawar Rovita Sari21 Januari 2013 01.29

    Buk, saya lulusan SMA tahun 2011 apakah saya tidak bisa mendaftar BM?

    apakah bisa, jika saya lulus SBMPTN dan diterima di PTN, lalu saya daftar BM?

    tahun 2011 kemaren bisa buk... temen saya diterima di UGM lewat jalur SNMPTN Tertulis, lalu dia daftar BM n dapat BM.

    apakah Tahun 2013 ini juga bisa begitu? atau bagaimana?


    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl tahun kemarin BM diperuntukan buat lulusan 2011 dan 2012 jd teman anda bisa dapat BM,dan untuk th sekarang buat siswa yg akan lulus 2013 dan mungkin lulusan 2012,

      Hapus
  52. tadi saya sudah coba tanya ke guru BK, tapi katanya masih buta soal BM. padahal katanya udah bisa daftar mulai sekarang.

    bingung.

    BalasHapus
  53. Di sklnya udh ada tim IT blm?coba hubungi tim IT,atau bilang langsung ke guru BP untuk buka portal Bidik Misi di internet,untuk mendaftarkan sekolahnya dan merekomendasi siswanya

    BalasHapus
  54. Di sklnya udh ada tim IT blm?coba hubungi tim IT,atau bilang langsung ke guru BP untuk buka portal Bidik Misi di internet,untuk mendaftarkan sekolahnya dan merekomendasi siswanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alaikum...
      bu saya mau tanya, sebelumnya saya masih bingung syarat pendaftaran d bidik misi...tolong d jelaskan bu!!!
      yg mau saya tanyakan d sini, krna kebetulan saya calon lulusan tahun 2012-2013 dan saya anak kurang mampu (yatim), tp saya masih ingin sekolah (kuliah)....
      tp, misal klu nilai saya tdk memuaskan bagi ibu' (tdk breprestasi), apa saya bisa d terima d bidk misi???
      Saya tunggu jwbn dr ibu. Kurang lebihnya saya minta maaf....
      Wassalam...

      Hapus
    2. walaikumslm...
      coba aja minta rekomendasi ke kepala sekolah,karena yg tahu berhak atau tidaknya siswa untuk mendapat rekomendasi adalah kepala sekolah.Kalau sekolah sudah merekomendasi dan kamu udah dapat no pendftrn dan kode akses tinggal login sendiri dan isi data sendiri...

      Hapus
    3. Assalamu'alaikum....
      bu' saya mau brtanya lg.Apa yng hrus ngasih no. pendaftaran dan kode akses login itu dari sekolahan???

      Hapus
    4. Ya..pertama pihak sekolah mendaftarkan sekolahnya,kemudian merekonendasikan siswa yg memenuhi syarat untuk mendapat no pendaftaran dan kode akses

      Hapus
    5. bu', gini....td saya d sekolah sudah coba minta rekomendasi dr pihak sekolah. Tapi waktu pertama saya datangi guru BP, guru BP saya bilang ''klu q saya hrus ke TU''
      dan saya langsung ke TU, tp TU juga palah ngg tau tentang Bidik Misi.
      nah yg ingin saya tanyakan adalah:
      1. apa itu rekomendasi???
      2. bagaimana cara sekolah saya, dapat memberi saya rekomendasi itu???
      3. apa ada cara lain, untuk bsa masuk di bidik misi??
      saya tunggu jwbn dr ibu', kurang lebihnya saya minta maaf...

      Hapus
    6. kalau boleh tahu sekolahnya dmn?
      pihak sekolah dalam hal ini adalah kepala sekolah atau admin yang di tunjuk kepala sekolah mendaftarkan sekolahnya di portal bidik misi(di internet),setelah itu ikut petunjuk untuk merekomendasi siswanya...untuk lebih jelasnya baca petunjuk singkat program bidik misi di postingan terbaru saya

      Hapus
    7. saya bersekolah di SMK Pancasila Purwodadi bu'...
      sy ingin sekali ngelnjutin di bidik misi, tp sy msih bingung bu'...
      karena saya belum d beri rekomendasi dr sekolah. Saya mnta pnjelasan dr ibu', tentang rekomendasi itu.....

      Hapus
    8. baca postingan baru saya tentang petunjuk singkat program bidik misi,di situ tertulis kalau pihak sekolah tidak mau merekomendasi bisa dilaporkan ke bidikmisi@dikti.go.id agar bisa dikordinasikan oleh pihak bidikmisi

      Hapus
    9. iyaa...makasih bu', atas jwbnnya dan arahannya...

      Hapus
  55. maksud login sendiri dan isi sendiri itu apa? dan kemana itu teh ??

    BalasHapus
  56. Begini chev...langkah pertama sekolah daftar di portal bidikmisi(di internet)untuk merekomendasikan siswanya,siswa yg diberi rekomendasi nanti dapat no pendftr dan kode akses setelah itu baru siswanya yg login di portal bidikmisi 2013.

    BalasHapus
  57. saya mau tanya apakah lulusan 2011 masih bisa ikut bdikmisi 2013? soalnya usia nya sudah 21 tahun

    BalasHapus
  58. Bidik misi 2013 hanya untuk lulusan 2012 dan 2013

    BalasHapus
  59. assalamuallaikum.
    ibu,saya mau tanya,bgaimana cara mendpatkan no pendaftaran,pin dan kode akses ?


    makasih,bu.

    mhon balasannya.!!!

    BalasHapus
  60. Untuk mendapat no pendaftaran dan kode akses,sekolah harus mendaftar dulu,kemudian merekomendasikan siswa yg memenuhi syarat

    BalasHapus
  61. syarat2nya itu apa harus punya prestasi non akademik ? kalau hanya punya prestasi akademik saja bgaimna ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca postingan terbaru mengenai petunjuk singkat program bidik misi,semoga bermanfaat

      Hapus
  62. assalamualaikum.... buk,saya mau tanya... BM itu hanya boleh memilih 1 jurusan saja ya?

    BalasHapus
  63. Assalamualaikum..
    Bu, saya mau nanya kan saya udah keterima bidik misi di suatu PTN pada tahun 2012, tapi saya tidak betah di jurusannya..
    Apa boleh saya pindah jurusan tapi tetap bidik misi, dan apa boleh kalau saya pindah ke universitas lain tapi mendaftar lagi BM?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu syarat bidik misi 2013 adalah lulusan th 2012 yang bukan penerim beasiswa bidik misi

      Hapus
  64. assalamualaikum...
    buk, untuk lulusan th 2012 apa hanya boleh memilih 1 jurusan untuk 2 PTN?
    terima kasih

    BalasHapus
  65. RASWANDI { KHAIRU UMMAH }30 Januari 2013 00.21

    ass. buk blh nanya g' kan yg di minta yg masuk bidik misi yg dpt prngkt kelsnya 1-4 sja lw yg tdk dpt prngkt 1-4 misalnya dpt 12 dilkal apakh bisa mndptkan program bidik misi tersbt???

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di lihat di postingan saya tentang petunjuk singkat tentang program bidik misi,di situ ada syarat2 yg harus dipenuhi...

      Hapus
  66. ANNA TYANASARI

    Malam bu,sya mau tanya
    Bgaimana kriteria nilai untuk mendapatkan BM?
    Sya kn pernah juara2 Olimpiade biologi se-provinsi tpi pihak penyelenggara tidak bsa memberikan sertifikat..dgn alasan mcamm-macam
    bagaimana itu bu,apa bisa hanya dengan surat rekomendasi kepala sekolah saja yang menyatakan sya prnh menang sdah ckup tanpa adanya sertifikat itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk syarat bidik misi lihat postingan petunjuk singkat program bidik misi,

      Hapus
  67. bu kapan dimulai pendaftaran untuk lulusan 2012?

    BalasHapus
  68. nunggu pengumuman dibukanya SBMPTN

    BalasHapus
  69. Ass.. Bu saya mau tanya, kalo udah dpt rekomendasi dr skolah tpi sya ga jadi daftar bidik misi boleh ga? Trimakasih..

    BalasHapus
  70. o..berarti kalo g login ke bidikmisi, bukan peserta bidikmisi ya bu? Peserta reguler? Alhamdulillah :)

    BalasHapus
  71. dengar-dengar pendaftaran ahanya sampai tanggal 6 februari 2013?moho konfirmasinya,, terima kasih

    BalasHapus
  72. Pendaftaran bidik misi bwt yg akan daftar SNMPTN sampai tgl 6 maret 2013

    BalasHapus
  73. asalamualaikum,mau tanya apa bagi yang mendaftar snmptn undangan bidikmisi jika nanti diterima masih ada seleksi khusus lagi bagi yang ikut bidikmisi? trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada,hanya melengkapi dokumen persyaratan

      Hapus
  74. assalmualaikum bu...
    bagi pendaftar bidik misi itu tidak harus peringkat 10 besar kan?
    soalnya disekolah kami beranggapan seprti itu...(mungkin karena kekurangn informasi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumslm...tidak ada ketentuan peringkat,hanya untuk yang punya prestasi di bidang ko kurikuler dan ekstra kurikuler lebih diprioritaskan ( baca postingan sy tentang petunjuk singkat bidik misi)

      Hapus
  75. jazakallaahukhoiiroo
    sangat bermanfaatblog inidalam membantu para pelajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kalau memang bisa membantu...trims

      Hapus
  76. asslamualaikum.. mau tanya apakah lulusan 2011 masih bisa ikut BM 2013? sbagian sumber membolehkan tp ada yang blang tdakboleh bgaimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. BM 2013 untuk siswa yang akan lulus th 2013 dan lulusan 2012 (lihat postingan tentang petunjuk singkat program BM)

      Hapus
  77. asalaamualaikum
    bu klo saya gk pengen daftar bidik misi tpi saya salah klik waktu pendaftaran SNMPTN sya pilih BIDIK MISI apakah tu tdk bersalah untuk masuk perguruan tinggi ?? tolong di balaas ya bu,,saya bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. logout aja kemudian ulangi lagi login

      Hapus
  78. ibu kalau saya penegn kuliah tp tu di skolah saya tu kurang pandai tp saya memang siswa kurang mampu itu gimana bu?? apakah ada peluang buat saya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja daftar minta rekomendasi dari kepala sekolah...

      Hapus
  79. ass bu...
    saya mau ikut bidik misi
    saya mw tanya... di snmptn.ac.id itu kan buat snmptn... tapi ada saya lihat " ubah status menjadi bidik misi "
    apakah bisa saya daftarnya dilaman itu
    terima kasih bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah dapat rekomendasi bidik misi dari sekolah, bisa saja tinggal login dulu di portal bidik misi dengan kode akses untuk mengisi formulir

      Hapus
  80. Thanks ya infonya..adik saya lg minta dicariin peluang bidik misi nih

    BalasHapus
  81. Selamat pagi bu Iis, mohon dijelaskan...
    1. SNMPTN unt BM yg benar boleh memilih satu jurusan dr 2 PT atau dua jurusan dr 1 PT. sbb penjeloasan dr sekolah anak saya, unt BM hanya boleh memilih 2 jurusan dr 1 PT.

    2. sedangkan SNMPTN selain pendaftar BM boleh memilih 2 PT masing2 2 jurusan. Apakah benar demikian? Jika benar artinya kesempatan diterima di PTN besar yang tidak ikut BM dong.

    3. Mengapa harus dibedakan? harusnya jika memang ini program bantuan pendidikan dg syarat prestasi akademik/non akademik & kondisi ekonomi siswa, parameter lainnya harusnya disamakan juga.

    4. terima kasih.

    Hapus

    BalasHapus
  82. ibu saya mau nanyak...
    saya belum paham tentang PTN ibu
    saya musti daftar Bm dulu baru daftar PTN begitu ya buk?
    trus untuk lulus di PTN itu yang nentuin universitasnya sendiri seperti itu ya buk
    tolong di bantu ... saya belum paham betul
    terima kasih

    BalasHapus
  83. ibu saya mau nanyak...
    saya belum paham tentang PTN ibu
    saya musti daftar Bm dulu baru daftar PTN begitu ya buk?
    trus untuk lulus di PTN itu yang nentuin universitasnya sendiri seperti itu ya buk
    tolong di bantu ... saya belum paham betul
    terima kasih

    BalasHapus
  84. Alex:ketentuannya,memang seperti itu,untuk penjelasan silahkan langsung di portal bidik misi
    Wayan:ya betul kamu hrs minta rekomendasi sekolah,kemudian baru mendaftar sendiri di portal bidik misi,setelah itu baru mendaftar di SNMPTN

    BalasHapus
  85. ibub saya mw bertanya , batas akhir rekomendasi siswa bidikmisi itu kpan..?? apakah skrang masih bisa..???? mohon di jawab ya bu, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih bisa,untuk yang mau daftar SNMPTN batas akhirnya 6 maret 2013

      Hapus
  86. bu, saya kemarin diterima bidik misi angkatan 2012 dan telah kuliah tpy saya mau ikutan sbmptn jalur bidikmisi bisa gak bu ??? trus apakah saya harus mengembalikan uang bidik misi itu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bidik misi 2013 hanya diperuntukan bagi siswa yang akan lulus th 2013 dan lulusan 2012 yang bukan penerima bidik misi,jadi yg udh dapet bidik misi 2012 tidak bisa daftar lg di bidik misi 2013

      Hapus
  87. tpi bu saya di rekomendasikan sma skolah gagal terus..??? gmna bu? apakah itu dri pusatnya?
    BAYU siswa MAN BAYAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih?sekolahnya udah di daftarkan di bidik misi? terus gmn dengan siswa yg lain bisa di rekomendasi?

      Hapus
  88. saya mempunyai temen bu...temen tersebut berprestasi..dan pengen kuliah..tapi ada kendala .dari pihak sekolah tidak menghiraukan anak didiknya...terabaikan snmptn dan bidik misi..pihak sekolah tidak mempunyai npsn..
    maklum sekolah nya berada di pelosok desa..bu..apakh ada solusi buat temen sya bu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan melaporkan sekolahnya ke bidikmisi@dikti.go.id agar bisa dikordinasikan oleh pihak bidik misi,untuk npsn lihat di portal bidik misi di bagian bawah

      Hapus
  89. Assalamu'alaikum..
    Bu, saya mau tanya, apakah bidik misi 2013 itu ada tes tertulis lagi..??

    Moho konfirmasinya, terima kasih..

    BalasHapus
  90. ada yaitu lewat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau kalau thn lalu namanya SNMPTN Tulis, dan Seleksi Mandiri

    BalasHapus
  91. Waktu itu saya ke slah satu PTN, sya dpt brosur disitu ditulis klw seleksi TANPA TES ada 2 pilihan, lewat jalur PBUD & Bidik Misi..
    apa itu brarti klw Bidik Misi itu bisa di dapat tanpa tes tertulis lgi..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau milihnya selesksi SNMPTN berarti tidak di tes, tapi kalau milihnya SBMPTN atau seleksi mandiri ya di tes

      Hapus
    2. Hmm, itu yg mmbuat saya bingung, ada yg bilang tanpa tes, tpi ada jg yg bilang ada tes tertulis lgi..
      Oia, utk bisa ikut bidik misi, apa kita hrus lulus seleksi dlu di PTN yg kita pilih..??

      Hapus
    3. daftar bidik misi dulu kalau udh terdaftar baru ikut seleksi mau tanpa test (SNMPTN) atau mau test tulis (SBMPTN dan Ujian Mandiri)

      Hapus
    4. Hmm, bgitu, soalnya ktanya sih tahun ini beda dg tahun" sblumnya, klw tahun lalu bisa ikut jalur PBUD dlu di PTN terkait bru klw sudah lolos seleksi bisa daftar utk Bidik Misi.. jdi sya bingung prosedur mana yg benar..

      Hapus
    5. baca petunjuk singkat bidik misi,biar ngga bingung...

      Hapus
  92. Ass. bu ,

    bagaimana jika kita ingin mengikuti bidik misi tetapi pihak sekolah tidak mendaftarkan . sedamgkan kita dari keluarga kurang mampu dan sangat ingin melanjutkan kuliah . lalu bagaimana kita akan mendapatkan pin dsb jika pihak sekolah tidak mendaftarkan siswanya ? terima kasih :)

    BalasHapus
  93. Silahkan melaporkan sekolahnya ke bidikmisi@dikti.go.id agar bisa dikoordinasikan oleh pihak bidik misi

    BalasHapus
  94. Ass.. bu sya ingin mendftar bidikmisi, tapi sya tdk punya NISN nomor induk nasional, sya sdh tnya dgn pihak sekolah tp blm ad tanggapan. dftar bidikmisi diwajibkan mengisi formulir NISN nya. bagaimana ini, apa sya bisa mndaftar tnpa hrus mngsi NISN?
    terimakasih

    BalasHapus
  95. Untuk no NISN bisa dilihat di http://www.nisn.data.kemdiknas.go.id

    BalasHapus
  96. saya mau nanya bu, kemarin waktu mencalonkan diri ke sekolah utk bidikmisi saya membuat penghasilan orangtua 2jt , dan setelah sekolah merekomendasikan saya dan saya skr sudah dapat kode aksesnya, tinggal mendaftar, tapi masalahnya surat keterangan tidak mampu penghasilan orangtua saya 1 juta.
    gmna dngan itu bu ?

    balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. lapr aja ke sekolah biar disesuaikan dengan srt keterangan...

      Hapus
  97. assalamu'alaikum bu, saya mau tanya. kalo sudah finalisasi snmptn apa masih bisa daftar bidik misi ?
    mohon dibalas bu, trimakasih

    BalasHapus
  98. Kalau SNMPTNnya sudah di finalisasi,masih bisa daftar bidik misi untuk SBMPTN dan Mandiri,

    BalasHapus
  99. Bu mau tanya, misal kita ga diterima bidik misi berarti snmptn nya jg ga diterima ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga,bidik misi dan SNMPTN itu beda kl bidik misi seleksi mendapatkan bea siswa,kalau SNMPTN selesksi masuk ke perguruan tinggi negeri

      Hapus
  100. assalamu'alaikum . Apakah lulusan 2011 masih bisa ikut bidikmisi 2013? soalnya sya browsing , sumber dari surya online mengatakan BISA. mohon d balas . trimakasih

    BalasHapus
  101. ass.apakah nilai yg di pdss masih bisa dirubah,karena ada kesalahn nilai ? padahal udah lewat waktunya untuk meverifikasinya ??

    BalasHapus
  102. bu saya kan sudah daftar dan memilih PTN dan Fakultas/jurusann nya kemudian saya ingin mengganti ke PTN lain itu bagaimana ??

    BalasHapus
  103. -Bidik Misi 2013 untuk lulusan 2012 dan yang akan lulus tahun 2013
    -Kalau udah lewat wkyunya nilai tidak bisa diubah
    -Kalau belum finalisasi...PTN masih bisa diubah

    BalasHapus
  104. Assalamu alaikum...
    Saya mau bertanya bu,apakah ada data yang harus diisi pada SNMPTN jalur undangan jika kita memilih Bidik Misi..?
    Balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. prosedurnya kan daftar dulu bidikmisi kemudian daftar SNMPTN,ya di SNMPTN tinggal ikuti petunjuk aja..

      Hapus
  105. Assalamu alaikum wr.wb...
    Saya mau bertanya bu,apakah ada data yang harus diisi pada SNMPTN jalur undangan jika kita memilih Bidik Misi..?
    Balas

    BalasHapus
  106. Assalamu'alaikum Bu...
    saya ingin tahu apakah kalau kita mendaftar memilih pendaftaran lewat jalur mandiri sebagai cadangan harus memenuhinya? maksudnya disini jika berubah pikiran karena prodinya boleh tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikmslm...,nanti ngga usah daftar aja pas ada pendaftaran seleksi mandiri

      Hapus
  107. assalamu alaikum bu,, saya juga mau ikutan nanya nih,. hehe
    saya udah finalisasi snmptn yang undangan , tapi yang bidikmisi belom di cetak bukti pendaftarannyaa, itu gapapa kan yaa ? terima kasih :)

    BalasHapus
  108. walaikumslm...secepatnya aja di cetak dan simpan baik-baik

    BalasHapus
  109. bu saya gema
    saya sudah di rekomendasikan oleh sekolah
    dan saya sudah mengisi formulir yg ada pda login siswa
    setelah itu apa yang hharus di lakukan ?
    dan pilihan seleksi saya buat snmptn
    jika yang masuk nntinya plhan ptn ke 2 bgaimna ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah berikutnya tinggal nunggu di rekomendasi sama sekolah,kemudian tanda pesertanya di cetak dan di simpan baik2.

      Hapus
  110. Assalamua'laikum, bu' sy mw tanya, sy sdh trlnjur dftr snmptnya mlih BM,(blm dirkmends) tp sya blm dftr BM, bisa gx klau sy nyuSul dFtr BM,kan sya sdh pnya kde aksesnya???..
    Apakah saya gagal ikt SNMPt/BM?

    BalasHapus
    Balasan
    1. secepatnya aja login di portal bidik misi untuk mengisi formulir paling lambat tgl 6 maret 2013

      Hapus
    2. bu kalo SNMPTN nya udah terlanjur difinalisasi gimana bu? masih bisa nyusul daftar BM nya?

      Hapus
  111. Assalamua'laikum, bu' sy mw tanya, sy sdh trlnjur dftr snmptnya mlih BM,(blm dirkmends) tp sya blm dftr BM, bisa gx klau sy nyuSul dFtr BM,kan sya sdh pnya kde aksesnya???..
    Apakah saya gagal ikt SNMPt/BM?

    BalasHapus
  112. ass.
    bu saya mau bertanya kalau sudah login.kita harus gmn trs apakah lulusan thn 2012.bisa ikut snmptn ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. login bidik misi?langkah berikutnya login ke SNMPTN untuk memilih PT dan jurusan,tapi untuk lulusan 2012 tidak bisa ikut SNMPTN paling nanti ikut SBMPTN

      Hapus
  113. assalam mu'alaikum
    ibu saya mauy bertanya ?
    sekolahan kami tidak sengaja memfinalisasi, bagaimana cara membatalkannya?
    kira - kira perlu waktu berapa lama ?

    BalasHapus
  114. Ibu saya mau bertanya apakah siswa yg mengikuti bidik misi itu peluangnya lebih kecil untuk lolos snmptn undangan? Jadi seperti apa proses penyeleksiannya bu? Lolos bidik misi dulu apa snmptn dulu atau prosesnya bersamaan? Terimakasi bu mohon dibalas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bidik Misi atau tidak Bidik misi penyeleksian SNMPTN sama saja tidak di beda-bedakan,Bidik Misi program beasiswa untuk membantu siswa yg kurang mampu secara ekonomi

      Hapus
  115. Bu mau tanya, kalau mengganti data ekonomi keluarga itu bagaimana? waktu mengisikan kliru sedang dialog untuk koreksinya tidak ada. saya sampai lankah no 8 dalam pengisian pendaftaran bidik misi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klik aja kolom yg mau di perbaiki,terus di edit

      Hapus
  116. bu saya mau nanya kalo pas survey kita dianggap mampu bidikmisinya hilang gak?terus nama kita diblacklist atau engga dari ptn yg kita daftar buat jalur undangan?kita masih tetep bisa kuliah di ptn itu kan tanpa harus dicoret nama saya?makasiiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tidak layak mendapat BM,ya dicabut di salurkan kpd yg benar-benar berhak

      Hapus
  117. assalamualaikum

    bu saya mau tanya apa benar yang boleh ikut bidikmisi itu hanya peringkat 30% terbaik d sekolah? soalnya peringkat sayaa hany ke 40% terbaik d sekolah saya. trus apabila kita sudah lolos jadi anggota bidikmisi tp gagal msuk ptn negri, apakah bntuan biaya msih kita dpatkan walau kita kuliah d pt swasta? terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada syarat peringkat,kalau tiak keterima SNMPTN,ada bidik misi bwt yg kuliah di perguruan tinggi swasta tertentu yg di tunjuk

      Hapus
  118. bu saya angaktan 2012 yg ikt program bidik misi,kalau sdah pada tahap pilih seleksi,itu seharusnya memilih seleksi ?
    terus selanjutnya harus gimana ?
    terima kasih bu mohon balsannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk lulusan 2012 hanya bisa memilih jalur SBMPTN dan Mandiri

      Hapus
  119. bu maaf saya mau tanya kalau penghasilan orang tua di bidikmisi salah ngubahnya bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau blm finalisasi ya tinggal diedit aja

      Hapus
  120. Jika kita memilih 2 jalur seleksi misal SMUP POLBAN dan SNMPTN melalui bidikmisi, dan pengumuman SMUPnya lebih cepat dibandingkan SNMPTN, maka apakah bisa SMUP di tolak, dan menunggu hasil SNMPTN. dan apakah siswa tetap mendapatkan beasiswa bidikmisi???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah mendapat Perguruan tinggi dan Bidik Misinya memenuhi syarat ya kuliahnya di biayai bidik misi

      Hapus
  121. buk maaf saya mau tanya kan bidik misi syaratnya ad surat keterangan tidak mampu tapi pekerjaan orang tua saya PNS apakan bisa minta surat keterangan tidak mampu,,,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak mampu disana adalah tidak mampu membiayai kuliah,tidak ada kaitannya dg PNS atau non PNS

      Hapus
  122. ibu doa kan saya,...

    BalasHapus
  123. siapa nih yang mau di doain?

    BalasHapus
  124. situs http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/siswa/dashboard error. gimana mau daftarnya haduh

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh...kenapa daftarnya di hari terakhir nak??

      Hapus
  125. Aslamulaikum bu,,,

    BalasHapus
  126. Assalamu'alaikum bu, untuk program bidik misi peringkat siswa per sekolah atau per jurusan? trus dimasukan nilai kognitif atau nilai akhir (gabungan kognitif n psikomotor)?, kalau iya berarti peringkat siswa secara otomatis akan berubah.bagaimana pengaruhnya terhadapa kelulusan? mohon penjelasannya bu..jazaakillah khairan bunda..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilai yg di masukan nilai kognitif,betul perngkat otomatis berubah,maksudnya kelulusan bidik misi? lolos tidaknya bea siswa bidik misi,bukan hanya dilihat dari peringkat saja

      Hapus
  127. ibu, saya kan dah finalisasi Bidik misi, tapi saya salah masukin NISN, apa harus di batalin finalisasinya?? caranya bu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kalau salah NISN sistemnya langsung menolak

      Hapus
  128. asslam, ibu, smpai skarg pndftran bidikmisi msih di buka ?

    BalasHapus
  129. masih...tapi kalau untuk SNMPTN hari ini adalah hari terakhir

    BalasHapus
  130. assalamualaikum bu, saya mau tanya, kenapa di kartu snmptn kami (pendaftar bidikmisi) tidak tertera peserta bidik misi? terus tahap 8 pada pendaftaran bidik misi tidak bisa tercentang seperti tahap2 sebelumnya, padahal kami telah mengisikan tahap 8 tersebut sebagaimana mestinya. mohon bantuannya bu, bagaimana solusinya agar di kartu snmptn kami bisa tertera peserta bidikmisi?

    BalasHapus
  131. kalau yg sudah2...login lagi ke bidik misi kemudian lengkapi semua data...baru kartu SNMPTNnya di cetak

    BalasHapus
  132. saya sudah memfinalisasi pendaftaran snmptn, dan telah menyelesaikan pendaftaran di bidikmisi, tetapi kenapa di kartu peserta snmptn saya tidak tercantum peserta bidik misi? apa saya harus membatalkan finalisasi dan rekomendasi snmptn dan mengulang lagi pendaftaran bidik misi?

    BalasHapus
  133. Kenapa saya pas mau upload foto SKTM kok malah balik ke menu logon trus sih...
    Apakah ada yg error pada webnya ?

    BalasHapus

Page Navigation by http://dapur-tutorial.blogspot.com/